Tuesday, January 28, 2014

Health : Capek Setelah Bangun Tidur, Ini Alasannya

Bangun dengan badan segar adalah cara yang hebat untuk memulai hari. Namun ada kalanya orang terbangun masih dengan perasaan capek dan lelah, padahal waktu tidur mereka cukup. Apa yang menyebabkan perasaan lelah bahkan setelah bangun tidur? Ini beberapa alasannya, seperti dilansir oleh Savvysugar.com.

1. Bangun pada tahap tidur yang salah
Tidur memiliki beberapa tahapan, dan kemungkinan besar Anda terbangun pada tahap non-REM, yaitu tahap terdalam saat tidur. Cobalah untuk terbangun pada tahap REM, sehingga tubuh akan lebih siap untuk bangun.

2. Kualitas tidur buruk
Tak peduli berapa lama tidur, jika kualitas tidur buruk, maka Anda akan terbangun dengan lelah. Kualitas tidur buruk bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gangguan hewan peliharaan, konsumsi kopi sebelum tidur, atau tidur yang terganggu.

3. Penggunaan obat
Efek obat-obatan tertentu biasanya bertahan hingga keesokan harinya. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Bisa jadi ini karena dosis yang terlalu tinggi.

4. Kondisi medis
Kondisi kesehatan tertentu seperi apnea bisa mengganggu tidur nyenyak. Hal-hal seperti depresi juga bisa membuat energi habis, sehingga seringkali Anda akan terbangun dengan perasaan yang masih kacau dan tidak segar.

5. Jam alami tubuh tidak sesuai

Sering tidur pada jam-jam yang tidak teratur juga sering membuat seseorang terbangun dengan tubuh yang lelah. Ini karena kebiasaan tidur yang berubah-ubah dan membuat jam alami tubuh menjadi kacau. Coba buat jadwal yang teratur mengenai kapan dan berapa lama waktu tidur Anda.

Itulah lima hal yang menjadi alasan mengapa Anda masih sering merasa lelah dan kacau saat bangun tidur. Dengan mengurangi hal-hal di atas, Anda akan terbangun dengan segar kembali.

No comments:

Post a Comment