Saturday, December 28, 2013

Health : Ini Alasan Olahraga Sebaiknya Dilakukan di Pagi Hari

Olahraga tentu memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh jika dilakukan dengan rutin. Namun beberapa orang mempunyai jadwal latihan yang berbeda-beda. Ada yang senang berolahraga di pagi hari, malam hari, atau hanya ketika memiliki waktu luang. Sebenarnya, olahraga lebih bagus dilakukan saat pagi hari. Mengapa? Berikut lima alasannya.

1. Pembakaran Lemak Dilakukan Tepat Waktu
Olahraga di pagi hari lebih baik dilakukan daripada siang atau malam karena pembakaran lemak dilakukan tepat waktu. "Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat makan di siang hari," ujar Monica Nelson, seorang American Council on Exercise-certified sekaligus pelatih pribadi.

2. Bisa Lebih Fokus Latihan
Anda bisa lebih fokus latihan sehingga membuat olahraga menjadi maksimal. Setelah bangun tidur kemudian berolahraga membuat pikiran lebih segar. Nelson mengatakan, saat pagi hari hampir setiap orang belum diganggu oleh e-mail pekerjaan atau pesan singkat dari kerabat serta rekan kerja.

3. Tidak Diganggu Banyak Orang
Beberapa orang malas berolahraga karena harus bertemu banyak 'mata'. Semakin pagi Anda latihan maka semakin sedikit orang yang berjalan-jalan di sekitar Anda. Begitu pula ketika memilih latihan di rumah kebugaran. Semakin pagi Anda datang maka lebih leluasa ketika melakukan berbagai latihan yang rutin diterapkan.

4. Meningkatkan Mood
Seperti yang dilansir dari Daily Makeover, olahraga di pagi hari bisa meningkatkan mood. Hormon endorfin akan meningkat sehingga energi serta suasana hati menjadi lebih baik. Ini bagus untuk mengawali pagi dengan semangat serta keceriaan saat bekerja. "Anda akan merasa lebih baik dan semangat dalam bekerja," ujar Nelson.

5. Tidak Kelelahan
Beberapa orang yang harus datang ke kantor pagi hari memilih melakukan latihan setelah pulang kerja. Namun olahraga menjadi tidak rutin karena terlalu lelah bekerja. Berbeda dilakukan ketika pagi hari. Tidak perlu bangun jauh lebih awal sebelum waktu berangkat kerja, tapi cukup sediakan sekitar 30 menit untuk berolahraga.

No comments:

Post a Comment